Jumat, 17 Februari 2017

Islamic Center Tabalong



    Tanjung, 17 february 2017, kemegehan bangunan islamic center tabalong didesa maburai, kabupaten tabalong kota, kalimantan selatan yang memang terkenal dengan hutannya yang rindang dan membentang akan tetapi tepat ditengah hamparan hutan tersebut ada sebuah komplek islamic center yang bergaya arsitektur modern, indah dan sangat menawan.Ternyata, Tabalong Islamic Center ini dibangun oleh sebuah perusahaan tambang batu bara bernama adaro, yang sudah rampung dan selesai pada tahun 2012 silam, dan menghabiskan dana sampai 52 milyar.
    Garibaldi Thohir, selaku pimpinan perusahaan adaro menyatakan bahwa pembangunan masjid atau Islamic Center tersebut karena diTabalong yang mayoritas masyarakatnya muslim namun masjid disana kecil-kecil. Pembangunan Islamic Center tersebut merupakan bagian dari program CSR ( Coorporate Social Responsibility ) adaro grub.
    Keseluruhan komplek Islamic Center ini berdiri diatas lahan seluas 5 hektar. Masjid AL-ABRAR dibangun 2 lantai dan mampu menampung hingga 3500 jama'ah. Selain itu juga memiliki plaza seluas 150 m/2 yang dapat digunakan sebagai sarana praktek ibadah haji lengkap dengan maket bangunan ka'bah, ruang perkantoran, perpustakaan, pelatihan dan ruang serba guna. Hampir setiap hari lokasi yang dilengkapi dengan masjid dengan bentuk kubah terbalik dan miniatur ka'bah ini selalu mendapat kunjungan.
    Rancangan masjid ini memang cukup unik. Kubah masjid yang terbalik sehingga mirip dengan mangkok terbuka ternyata hal itu mempunyai simbol apabila itu simbol kedua tangan yang lagi menadah dan sedang berdoa kepada Allah SWT. Bukan hanya itu saja, tulisan kaligrafi islam yang terlihat indah yang menghiasi srmua dinding bangunan, ornamen motif geometris menjadi ciri khas pada setiap bangunannya. Selain melihat langsung kemegahan yang ada pengunjung juga memanfaatkan untuk berfoto dibeberapa lokasi yang menarik.
    Komplek Islamic Center ini juga dilengkapi dengan 2 gedung komersial, dengan luas masing-masing 600 m/2, Gedung Audituriom didalam kawasan komplek Tabalong Islamic Center didesain dengan mengusung tema rumah tradisional banjar seluas 1300 m/2 dapat memuat sampai 700 orang, Gedung ini dapat dimanfaatkan untuk karya pertemuaan, resepsi, training, dan sebagainya. Hampir setiap hari lokasi yang dilengkapi dengan masjid dangan bentuk kubah terbalik dan miniatur ka'bah ini selalu mendapat kunjungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar