Sabtu, 18 Februari 2017

Taman Tanjung Bersinar Park



     Mabu'un, murung pudak, kabupaten Tabalong merupakan kabupaten paling utara kalimantan selatan yang berbatasan langsung dengan 2 provinsi yaitu kalimantan timur dan kalimantan selatan. Kabupaten yang dikenal dengan kekayaan alamnya ini memiliki Ruang Terbuka Hijau ( RTH ) baru yang bernama Tanjung Bersinar Park, yang kini telah rampung dan menjadi tujuan diakhir pekan masyarakat Tabalong serta event lainnya.
    Rampungnya ( RTH ) Tanjung Bersinar Park ini semakin menambah cantik kota Tanjung Bersinar, luas lahan yang berkisar kurang lebih 1 Ha, dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung seperti toilet, mushola, parkir sepeda, kolam resapan, halte bus dll. Selain itu, jenis popohonan yang terdapat diTanjung Bersinar Park sangat variaktif seperti pohon sawo kecil, papakin, rambutan, kalangka, palem sadeng, tembusu dll.
     Tepat ditengah-tengah terdapat tugu langsat, buah khas yang menjadi primadona kabupaten Tabalong selain madunya. Tugu langsat tersebut diapit oleh 2 buah Gazebo kiri dan kanan, dan yang tak kalah menariknya terdapat pula area bermain anak yang berada didekat jalur pedestrian. Inilah icon baru kebanggaan masyarakat Tabalong, harapan saya pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas publik dengan baik, dan dapat menjaga bersama fasilitas yang terdapat diTanjung Bersinar Park, agar nantinya dapat terus dimanfaatkan dengan bagi masyarakat yang berada diTabalong sendiri maupun pengunjung berasal dari luar Tabalong.
      Dukungan penuh bangunan Tanjung Bersinar Park, oleh PT Adaro Indonesia bersama mitra kerja, dengan membangun sarana pendukung seperti Green Open Space dengan rumput hijau, penanaman ratusan jenis pohon yang bakal memberi keteduhan pengunjung. Penanaman ratusan pohon tersebut, sekaligus menjadi wahana edukasi lingkungan mengenai keanekaragama hayati. Selain itu, melalui gelontaran dana CSR senilai Rp 2,9 milyar, Adaro turut menghadirkan arena bermain anak yang diberi nama Envirocoal playground, serta bangunan pendukung taman berupa tempat duduk, pos jaga keamanan, dan kamera pengawas.
     Kelebihan Tanjung Bersinar Park dibandingkan taman terbuka hijau lainnya dikalimantan selatan, selain mengusung konsep ramah lingkungan dan hemat energi, karena hampir semua fasilitas pendukung berpenggerak listrik sudah menggunakan solar cell. Terdapat juga tempat bersantai dan ibadah, Tanjung Bersinar Park diharapkan mampu menjadi perekat hubungan sosial antar warga Tabalong, melalui wahana interaksi yang nyaman.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar